Cursor Keris
Get Gifs at CodemySpace.com

23 April, 2011

Neraca Massa Dan Energi ( ATK )

Diposting saya kali ini akan saya coba pembahasan di bidang teknik kimia lagi ( Chemical Engineering ). Sebenarnya perlu diketahui bahwa program studi Teknik Kimia merupakan program studi yang merupakan turunan dari ilmu dasar seperti, kimia, fisika, dan matematika.

Pada dasarnya NME merupakan mata kuliah tentang prinsip dasar kekalan energi.Tujuan dari mempelajarinya adalah supaya mahasiswa mampu membuat  dan menyelesaikan  neraca massa dan  neraca  energi  dengan menerapkan  hukum  kekekalan  dan  derajat  kebebasan  suatu proses



Silabus : Pengantar perhitungan teknik Kimia. Persamaan  Kimia  dan  Stoikiometri.  Neraca massa  tanpa  reaksi  kimia  &  dengan  reaksi kimia, tanpa/dengan reaksi kimia untuk proses recycle,  bypass  dan  purge.  Neraca  energi. Gabungan neraca massa dan energi.
Setelah membaca tulisan diatas jelas bahwa NME=ATK merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang kekalan energi dalam suatu proses.Mata kuliah ini menjadi fundamen untuk mata kuliah selanjutnya seperti perpindahan kalor, perpindahan massa dan lain-lain.
Mungkin saudara lebih banyak tahu dari saya dan untuk menambah pengetahuan yang lebih luas lagi   saudara bisa mencari materinya dibuku :
Himmeblau D.M. Basic Principles and Calculation in Chemical Enginnering, 6th ed, Prentice Hall 1996.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar