Cursor Keris
Get Gifs at CodemySpace.com

01 Mei, 2011

Boiler Sebagai penggerak Utama Turbin

Pada  posting kali ini saya akan coba menulis tentang Boiler,mudah-mudahan akan menambah wawasan kepada pembaca.
BOILER,sangat identik dengan PLTU,karena di plant ini untuk menggerakan Turbin-turbin kapasitas besar  pasti menggunakan yang namanya Boiler.

 

Boiler adalah suatu Equipment  yang berfungsi sebagai pemanas air, panas pembakaran dialirkan ke air sampai terbentuk air panas atau steam. Pada tekanan tertentu Steam kemudian digunakan untuk mengalirkan panas ke suatu proses. Air adalah media yang murah untuk mengalirkan panas ke suatu proses. Jika air didihkan sampai menjadi steam, volumenya akan meningkat sekitar 1600 kali, menghasilkan tenaga yang dapat menggerakan suatu Turbin, sehingga boiler merupakan peralatan yang harus dikelola dengan baik. Bahan bakar yang digunakan untuk memanaskan boiler bisa berupa gas, minyak,Residu(MFO) dan batu bara.


Sistem Boiler :
-Air  umpan yaitu menyediakan air untuk Boiler secara otomatis sesuai dengan kebutuhan Boiler.
Sumber air umpan adalah:
-  Condensate/steam yang mengembun.
-  Air make up(air baku yang sudah diolah) yang harus di umpankan dari luar ruang Boiler ke  proses plant.Utk mendapat kan efisiensi Boiler yang lebih tinggi,digunakan juga Economizer  yang gunanya untuk memanaskan air umpan sebelum masuk ke Deaerator tank.

-  Sistem steam, yaitu mengumpulkan dan mengontrol produksi steam dalam boiler. Steam dialirkan    melalui sistem pemipaan ke titik pengguna. Pada keseluruhan sistem, tekanan steam diatur menggunakan valve dan dipantau dengan alat pemantau tekanan.

- Sistem bahan bakar yaitu memakai bahan bakar untuk menghasilkan panas yang dibutuhkan. Peralatan yang digunakan dalam sistem bahan bakar tergantung pada jenis bahan bakar yang digunakan sistem.



Jenis-jenis Boiler:

Boiler Pipa api (Fire Tube Boiler)
Terdiri dari tanki air yang dilubangi dan dilalui pipa-pipa, dimana gas panas yang mengalir pada tanki tersebut digunakan untuk memanaskan air di tanki. Air yang dipanaskan menhasilkan uap panas yang dapat digunakan untuk memanaskan air di kamar mandi ataupun laundry. Fire tube boilers biasanya digunakan untuk kapasitas steam yang relative kecil dengan tekanan steam rendah sampai sedang. Sebagai pedoman, fire tube boilers kompetitif untuk kecepatan steam sampai 12.000 kg/jam dengan tekanan sampai 18 kg/cm2. Fire tube boilers dapat menggunakan bahan bakar minyak bakar, gas dalam operasinya.

-  Boiler Pipa air (Water tube Boiler)
Air mengalir melalui susunan pipa yang terletak di dalam gas panas yang dihasilkan dari pembakaran. Pada boiler watertube, air panas tidak berubah menjadi uap, sehingga bisa langsung digunakan untuk keperluan seperti air panas di kamar mandi, laundry. Ketika air dalam pipa-pipa didih mendapat pemanasan., air dalam pipa mendidih sehingga air mengandung uap dan berat jenis air berkurang., air dan uap mengalir ke atas. Air yang berat jenisnya lebih besar akan turun dan menggantikan posisi air yang menuju ke atas. Pada drum atas air dan uap berpisah menjadi uap jenuh, kemudian uap jenuh disalurkan ke superheater untuk diubah menjadi uap panas lanjut. Uap panas lanjut yang keluar dari superheater inilah yang Steam dimanfaatkan sebagai penggerak Steam Turbin.


Aplikasi Boiler
-  Power boiler                  :  Sebagai penghasil steam untuk menghasilkan listrik dari generator.
-  Industrial Boiler            :  Untuk menjalankan proses industri dan sebagai tambahan panas.
-  Komersial Boiler           :  Kegunaannya untuk menjalankan proses operasi komersial.
-  Residential Boiler        :  Bertekanan dan kapasitas rendah, biasanya digunakan pada perumahan.
-  Heat Recovery Boiler  : Penghasil steam  yang tidak terpakai. Untuk menjalankan proses industri.


Pressure/tekanan Boiler
-  Low pressure boilers  :  Pressure <15 psi, menghasilkan air bertekanan  <160 psi dan temperature <250 F.                                                         
-  High Pressure boilers  :  Pressure < 15 psi, menghasilkan air bertekanan  >160 psi dan  Temp.>250 F.                                                          
                                                 
Komponen Utama Boiler

-  Furnace            :  Tempat  pembakaran bahan bakar
-  Steam Drum   :  Penampungan air panas dan pembangkitan steam.
-  Superheater   :  Tempat pengeringan steam  sebelum  dikirim melalui main steam pipe dan siap untuk         menggerakkan turbin uap atau menjalankan proses industri.
-  Air Heater        :   Merupakan ruangan pemanas yang digunakan untuk memanaskan udara luar yang              diserap untuk meminimalisasi udara yang lembab yang akan masuk ke dalam tungku    pembakaran.                                     
-  Economizer     :   Digunakan untuk memanaskan air dari air yang terkondensasi dari system                          sebelumnya.
-  Safety valve    :   Merupakan saluran buang steam jika terjadi tekanan  steam melebihi  tekanan normal.                               
-  Blowdown       :   Saluran yang berfungsi membuang endapan yang berada di dalam water drum .



Nah…dengan demikian jelas kita tahu bahwa Boiler sangat besar manfaatnya dizaman sekarang,disamping sebagai penggerak Turbin-Turbin Uap untuk memutar  Generator listrik  untuk menerangi sebagian bumi  ini,juga dipakai dipakai untuk pemanas air di hotel-hotel ,di kapal dan pada proses industri.

Semoga  bermanfaat    !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar