Cursor Keris
Get Gifs at CodemySpace.com

22 Juni, 2011

Humidifikasi (Azas Teknik Kimia)


Humidifikasi adalah Proses Pelembaban,tetapi bisa pula diartikan secara luas yang meliputi proses dehumidifikasi (Operasi menurunkan kelembaban),pendinginan gas dan pengukuran kelembaban gas,bahan yang ditransfer diantara fase-fase dalam operasi humidifikasi meliputi bahan fase cair murni yang ditransfer dengan cara penguapan dan pengembunan.Dalam operasi ini disamping perlu mengetahui karakteristik keseimbangan system juga perlu diketahui karakteristik Entalphi system.

Pembacaan Peta Psikrometrik (Psychrometrik Chart)
Pada peta Psikrometrik akan didapat informasi mengenai :
1.Suhu Bola Basah (Wet bulb temperature)
2.Suhu Bola Kering (dry bulb temperature)
3.Titik embun/suhu saturasi (dew point/saturation temperature)
4.kelembaban absolute(absolute humidity)
5.Kelembaban Relatif(Relative humidity)
6.Volum spesifik(specific volume)
7.Entaphi(Enthalpy)





Definisi Tekanan Uap
1.Tekanan Uap : Tekanan Parsial yang diakibatkan oleh molekul-molekul uap air dalam udara.Bila     udara jenuh dengan uap air,tekanan uapnya deisebut Tekana Uap jenuh.
2.Suhu bola kering : Suhu udara yang ditunjukan dengan pengukuran memakai thermometer biasa.
3.Suhu bola basah : suhu udara yang diukur dengan thermometer yang bagian bolanya(bulb)diselubungi dengan bahan yang lembab.Dilakukan dengan mengalirkan udara dengan kecepatan minimal 16 ft/s.
4.Titik embun :Suhu yang dicapai saat terjadinya pengembunan bila udara didinginkan pada harga kelembaban absolute dan tekana atmosferik tetap.
5.Kelembabab Absolut : Berat uap air yang dikandung udara per satuan berat udara kering.
6.Kelembaban Relatif : Rasio dari tekan uap dari uap air diudara terhadap tekanan uap jenuh pada suhu dan tekanan atmosferik yang sama,dinyatakan dalam decimal atau persen.
7.Persen Kelembaban : didefinisiskan sebagai 100.Y/Ys atau 100.Y’/Ys’.
8.Volume Specifik : Volume udara yang dinyatakan    sebagai volume per satuan berat udara kering atau per satuan mol udara kering.
9.Enthalpi : Entalpi dari campuran udara kering dan uap air adalah kandungan panas udara per satuan berat udara kering diatas suatu tingkat suhu standart acuan tertentu.

Semoga Bermanfaat ……………!