Cursor Keris
Get Gifs at CodemySpace.com

11 Juli, 2011

Mitos Seputar Air Minum


Beberapa mitos seputar air minum dan fakta sebenarnya menurut penelitian.
  1. Standar jumlah air yang dibutuhkan
    Mitos: Dibutuhkan delapan gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan air seseorang.
    Fakta: Ukuran itu tidak dapat dijadikan standar. Dibutuhkan 13 gelas per hari atau tiga liter air, untuk memenuhi kebutuhan air seorang pria. Sedangkan kaum wanita membutuhkan sembilan gelas atau 2,2 liter per hari. Tetapi ukuran itu juga tidak dapat dijadikan standar untuk beberapa kasus. Jika kegiatan semakin banyak, maka jumlah air minum yang dibutuhkan juga akan meningkat. Untuk mendeteksi apakah Anda telah cukup minum, Anda hanya perlu melihat warna air seni. Pemimpin penelitian hidrasi dari Universitas Connecticut, Douglas Casa, mengatakan bahwa jika air seni berwarna kuning muda seperti cairan lemon, artinya Anda memiliki kandungan air yang cukup dalam tubuh. Jika berwarna keruh dan lebih gelap, berarti Anda harus segera minum untuk mencegah dehidrasi.

  1. Air kopi dan teh
    Mitos: Kopi dan teh membuat dehidrasi.
    Fakta: Meski kafein mempercepat proses ekskresi, tetapi minum kopi dan teh tidak akan membuat tubuh dehidrasi. Air yang digunakan untuk menyeduh teh atau kopi akan tetap tinggal dalam tubuh dan bekerja seperti layaknya air putih biasa.
    .
  2. Efek air minum terhadap kesehatan
    Mitos: Semakin banyak minum maka tubuh akan semakin sehat.
    Fakta: Terlalu banyak minum akan mengakibatkan hiponatremia. Hiponatremia adalah kondisi di mana kelebihan air terakumulasi dalam tubuh pada tingkat yang lebih tinggi daripada yang dapat dikeluarkan. Akibatnya, penderita akan mengalami kebingungan, disorientasi, mual, kejang, bahkan kematian.
    .
  3. Air dan program diet
    Mitos: Minum air dapat membantu program diet.
    Fakta: Minum air putih memang tidak akan menurunkan nafsu makan. Tetapi, bagi mereka yang tengah berusaha menurunkan berat badan, pilihan yang cerdas adalah: ganti minuman manis berkalori dengan air putih.
    .
  4. Air minum dan keriput
    Mitos: Minum banyak air dapat mencegah keriput.
    Fakta: Minum banyak air tidak dapat mencegah datangnya keriput. Kondisi kulit tidak hanya dipengaruhi oleh seberapa banyak air yang kita minum. Ini juga dipengaruhi oleh penggunaan produk-produk perawatan kulit dan lain-lain.
    .